4 Cara Menjadi Lebih Kreatif dan Inovatif


Dalam belajar bisnis memerlukan cara menjadi lebih kreatif dan inovatif. Di artikel kali ini kita akan membahas cara-cara tersebut untuk menambah wawasan Anda tentang menjadi lebih kreatif. Banyak sekali percaya kalau sebuah proses kreativitas seakan-akan seperti datang dari langit diatas atau semua terjadi begitu saja. Bahkan ada juga yang mengatakan kalau hal tersebut sudah bawaan lahir dan memang otak kanannya yang sangat dominan. Tetapi kenyataannya kreativitas itu tidak seperti yang di bayangkan banyak orang.

Salah satu anak muda yang kreatif, seperti Raditya Dika mengaku kalau semua yang telah dia lakukan dari kreatifnya selama ini dihasilkan dari otak kirinya. Kalau di ibaratkan dia seperti bermain puzzle dan menyusun satu persatu hingga menjadi karya yang utuh dan kreatif.

Ternyata sebuah kreatifitas itu sangat bisa sekali dibentuk dan dipelajari secara logika. Jadi bila sampai saat ini Anda sedang tidak memiliki ide atau pemikiran yang kreatif apapun, beberapa hal di bawah ini akan memberikan inspirasi dan menjadikan Anda lebih kreatif.

Inilah 4 Cara Untuk Anda Menjadi Lebih Kreatif

cara menjadi lebih kreatif

Mencari inspirasi dari bidang yang lain

Seperti Steve Jobs terinspirasi untuk membuat tipografi pada macintosh dikarenakan dia pernah mengambil jurusan kelas kaligrafi disaat dia kuliah di Reed College. Bahkan Steve Jobs pernah berkata : kalau saja saya tidak belajar ilmu kaligrafi, maka kalian mungkin tidak akan pernah mengenal font indah seperti times new roman dan arial.

Para engineer mobil lexus juga pernah belajar interior lobby hotel yang paling top di dunia untuk mendapatkan inspirasi yang kreatif untuk mendesain mobil lexus. Jadi hal yang dapat kita pelajari adalah sebuah inspirasi tidak selalu datang dari bidang yang harus sama. Terkadang kita mendapatkan inspirasi dari bidang yang sama sekali berbeda dengan bidang yang di punyai.

Jika Anda adalah seorang programmer maka tidak ada salahnya belajar dan mencari inspirasi dari seorang desainer ataupun yang lain.
Jika anda adalah seorang blogger tidak ada salahnya belajar teknik marketing dari sebuah perusahaan atau yang lain.

Jadi dalam hal inspirasi jangan hanya terpaku di sebuah bidang Anda sendiri. Cobalah untuk melihat hal-hal yang lain sehingga menambah wawasan anda untuk lebih bisa kreatif lagi. Ambilah inspirasi dari berbagai bidang dan sumber, lalu Anda olah lagi menjadi sebuah pemikiran yang baru atau ide berkarya yang lebih baik


Mulailah belajar dari awal

Lupakan semua yang anda ketahui dan memulai lagi dari awal, seperti seorang anak kecil yang sedang belajar. Mengapa harus seperti itu? Ibarat anak kecil yang akan selalu bertanya karena hal yang tidak di ketahuinya.

Setiap hal yang tidak di ketahui akan dengan mudah Anda untuk mau bertanya kepada orang yang lebih mengerti. Pelajari banyak hal, rajin membaca, bertanyalah kepada seseorang yang lebih tahu atau menguasai. Cobalah untuk melakukan hal-hal baru yang selalu membuat anda penasaran untuk mengetahui.

Rileks

Istirahatkanlah pikiran Anda sejenak dan coba untuk rileks. Agar beban pikiran anda bisa lebih ringan dan bisa membuat Anda lebih kreatif lagi untuk berfikir. Bila Anda terlalu sibuk dan aktif, maka akan mempersulit Anda untuk menemukan inspirasi yang lebih kreatif.
  
Karena kreatif yang terbaik akan muncul disaat ada keseimbangan antara keaktifan dan ketenangan pikiran. Cobalah untuk jalan-jalan ke tempat yang sejuk dan tenang. Melihat suasana yang baru dan beda membuat Anda lebih bisa fokus untuk berfikir lebih maksimal.

Mencari inspirasi dari ide orang lain

Tidak ada salahnya bila anda meminta pendapat dan ide dari orang lain. Karena pada setiap orang mempunyai pandangan dan ide yang berbeda. Janganlah Anda terpaku dari satu sisi sudut pandang yang sama saja. Belajarlah untuk melihat sudut pandang yang berbeda dari orang lain. Agar lebih memperkaya wawasan pemikiran anda untuk menjadikan lebih kreatif.

Semua orang di berikan otak oleh tuhan untuk berfikir lebih kreatif. Seperti yang telah dilakukan oleh orang-orang yang sukses saat ini. Menjadi kreatif bukan hal bawaan sejak lahir, tetapi merupakan hal yang harus di bangun. Di bentuk satu persatu hingga menjadi sebuah keutuhan ide yang baru dan kreatif. Semoga cara menjadi lebih kreatif ini bermanfaat untuk Anda belajar semakin lebih kreatif.


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "4 Cara Menjadi Lebih Kreatif dan Inovatif"