Memahami Ciri Anak Cerdas Wajib Diketahui Orang Tua Bijak



Tentunya sebagai orang tua pasti selalu ingin mempunyai anak yang tingkat kecerdasannya tinggi. Berbagai cara dilakukan agar anak yang disayanginya tersebut mempunyai kecerdasan yang tinggi. Memang pada dasarnya perkembangan intelektual anak didasari dari perkembangan pikiran anak tersebut. 

anak cerdas
Tetapi tidak bisa dipungkiri juga ada banyak sekali anak yang mempunyai tingkat kecerdasan yang tinggi sejak lahir. Bahkan tanpa perlu diajarkan oleh orang tua, anak tersebut sudah bisa menangkap hal-hal yang sebenarnya dimiliki oleh rata-rata umur diatasnya. Walaupun terkadang banyak orang tua yang tidak mengetahuinya.

Nah di artikel belajar segalanya kali ini kita akan mencoba memahami ciri-ciri anak cerdas. Dengan memahami kecerdasan anak, kita dapat mengetahui apa yang harus kita perlengkapi untuk anak tersebut agar menjadi anak yang berkualitas nantinya. Berikut ini adalah ciri-ciri anak cerdas yang harus diketahui oleh para orang tua.

Memahami ciri anak cerdas

1. Mempunyai ketertarikan yang tinggi

Seorang anak yang mempunyai bakat yang tinggi atau kecerdasan yang tinggi pada pada umumnya selalu menunjukkan ketertarikan yang sangat tinggi untuk berbagai macam topik. Misalnya dia tertarik tentang dinosaurus, maka hal yang biasanya  dilakukannya yaitu mencoba mengetahui secara detail bagaimana dinosaurus tersebut sampai pada tahap bulan tertentu. Lalu pada bulan tertentu tertarik tentang ruang angkasa, maka dia akan mencoba mengetahuinya juga secara detail dan seterusnya. Pada intinya anak tersebut akan berusaha mengetahui hal-hal yang dia inginkan. Pada akhirnya dia akan mencoba mempelajari secara detail sampai anak tersebut merasa sudah menguasainya. 

2. Mempunyai ingatan atau memori yang baik

Ciri anak yang cerdas lainnya yaitu mempunyai daya ingat yang kuat. Anak tersebut akan selalu menceritakan hal-hal yang pernah dialaminya, mengingat teks lagu yang pernah dia nyanyikan walaupun baru sekali atau dua kali menyanyikannya, dan menceritakan kembali film-film yang pernah di tontonnya. Hal ini akan menjadi sesuatu yang berharga dan menjadikannya selalu berprestasi dalam sekolahnya. Jadi bersyukurlah bila anak Anda selalu mengingat hal-hal yang pernah dialaminya.

3. Mempunyai daya imajinasi yang baik

Seorang anak yang mempunyai daya imajinasi yang baik juga dapat diartikan sebagai anak yang cerdas. Dengan kemampuan daya imajinasi anak yang baik akan membawa anak tersebut menjadi pemikir yang kreatif. Pastinya hal tersebut akan sangat bermanfaat untuk pertumbuhannya di masa depan dan anak tersebut mampu menghadapi dan mencari solusi dari setiap permasalahan yang akan dihadapinya kelak. Hal manfaat lainnya tentang imajinasi ini adalah hasil dari kemampuan otak kanan yang sangat bermafaat sekali untuk kecerdasannya.  

4. Mempunyai kosakata yang bagus

Bila anak Anda pada umur dua tahun lebih sudah mempunyai kalimat kosakata yang maju, tentunya anak Anda tersebut dapat dikategorikan sebagai anak yang cerdas. Dalam hal ini seperti pada umumnya anak lainnya berkata “ada kucing”, maka anak Anda tersebut mengucapkan kalimat tersebut lebih lengkap misalnya “ada kucing berwarna putih sedang berbaring di pintu”. Hal tersebut menandakan anak tersebut mampu menjelaskannya secara detail kepada Anda. 

5. Mempunyai bakat di bidang seni

Seorang anak yang mempunyai bakat di bidang seni di usia yang dini merupakan hal yang tidak biasa. Seni memiliki peran dan kekuatan yang sangat besar untuk mempengaruhi emosi sekaligus mengingat, mengalisa dan memahami. Karya seni merupakan media yang paling nyaman dan mampu memikat anak mempelajari apapun. Seni berada di wilayah rasa yaitu estetika, pada pembentukan estetika akan dapat menstimulasi perasaan yang cerdas. Dengan perasaan yang cerdas tersebut membuat anak dapat mengatur emosinya, anak juga dapat mengetahui kapan dan cara yang tepat untuk mengungkapkan emosinya.

Beberapa hal diatas merupakan ciri-ciri anak cerdas yang dapat Anda ketahui dengan mudah. Masih banyak hal lainnya yang secara detail yang tidak dijelaskan di artikel ini. Tetapi walaupun anak mempunyai bakat anak cerdas jika tanpa bimbingan dari orang tua yang tepat tentunya juga akan sia-sia. Karena peran orang tua sangatlah penting untuk perkembangan anak. Masa-masa emas anak berkembang tentunya  pada saat berumur 0 sampai 3 tahun. Saat umur tersebutlah peran sebagai orangtua sangat dibutuhkan untuk anak. 

ciri anak cerdas
Bila Anda sebagai orangtua yang ingin anak Anda mempunyai perkembangan kecerdasan yang baik, cobalah untuk membimbingnya dengan baik. Di buku yang membahas tentang rahasia mencetak anak yang cerdas dapat Anda kunjungi disini “Panduan Merawat Bayi usia 0 sampai 3 tahun”.

Di buku tersebut Anda akan memperoleh banyak manfaat sekaligus. Karena informasi seputar perawatan dan perkembangan bayi disajikan secara kronologis sejak kelahiran bayi Anda sampai usia 3 tahun. Bahkan dalam buku tersebut akan menjawab semua ketidaktahuan dan kesalahan yang selama ini dilakukan oleh kebanyakan orang tua. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang ingin mengetahui dan menginginkan anak yang cerdas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memahami Ciri Anak Cerdas Wajib Diketahui Orang Tua Bijak"

Post a Comment