Kebiasaan Buruk Tentang Keuangan Yang Sering Dilakukan



Dalam tips belajar segalanya kali ini kita akan membahas tentang kebiasaan buruk tentang keuangan yang sering dilakukan. Perihal keuangan sangatlah penting untuk kita perhatikan. Karena keuangan itu sendiri juga akan berpengaruh di kehidupan kita sehari-hari dan keluarga. Bila pola keuangan yang buruk sudah menjadi kebiasaan, maka akan sedikit demi sedikit juga akan membawa kita dalam kesulitan.

Di artikel kali ini saya akan membahas tentang apa saja yang menjadi kebiasaan buruk tentang keuangan yang seringkali tanpa disadari kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Mari kita simak beberapa hal tersebut yang dijelaskan dibawah ini.

5 Kebiasaan buruk tentang uang

kebiasaan buruk tentang keuangan

 

1. Tidak pernah mengontrol pengeluaran

Seringkali sebagian besar orang selalu gampangan setelah mempunyai uang. Gampangan yang dimaksud yaitu disaat seseorang mempunyai uang, mereka terlalu mudah untuk mengeluarkan uang untuk berbagai hal yang disenangi. Sehingga merasa tidak memperhatikan sudah berapa banyak pengeluaran yang telah dikeluarkan. Bila uang sudah mulai menipis, barulah menyadari begitu banyaknya pengeluaran yang dilakukan. Lalu di kemudian hari mulailah berpikir untuk mencari tambahan uang lagi untuk mencukupi kebutuhan yang dibutuhkan untuk hari esok. 

Kebiasaan ini tanpa sadar dilakukan dan terjadi terus menerus hingga dampaknya sistem gali lobang tutup lobang yang terjadi. Untuk menghindari kebiasan buruk ini hal yang dilakukan yaitu cobalah untuk memprioritaskan terlebih dahulu pengeluaran yang lebih penting untuk dilakukan. Sehingga pengeluaran yang dilakukan juga akan jelas dan tidak terbuang sia-sia. 

2. Tidak dapat mengendalikan keinginan

Kebiasaan buruk yang lainnya yaitu tidak mampu mengendalikan keinginan. Pastinya setiap orang juga mempunyai keinginan, tetapi tidak semua keinginan juga harus di turuti. Perihal tentang tidak bisa mengendalikan keinginan ini akan berdampak buruk sekali pada keuangan. Keinginan yang terus menerus di turuti akan menambah pengeluaran yang sia-sia. Seperti keinginan untuk berbelanja, keinginan makan makanan yang mewah, keinginan gaya hidup yang tinggi, dan keinginan yang lainnya akan semakin memperburuk kesehatan keuangan.

Rubahlah mindset Anda tentang keinginan, usahakan untuk dapat mengendalikan keinginan dengan baik. Cobalah untuk memikirkan terlebih dahulu secara matang keinginan tersebut. apakah sudah sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan atau malah membuat Anda banyak mengeluarkan uang secara tidak jelas. Terkadang boleh saja menuruti keinginan, tetapi usahakanlah disaat Anda mempunyai uang berlebih.


3. Malas menabung

Perihal menabung untuk sebagian orang yang mempunyai kebiasaan buruk mengendalikan uang, merupakan hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Karena pengertian menabung hanya dilakukan disaat mempunyai uang lebih. Justru dengan pemikiran seperti itu, untuk dapat menabung merupakan sesuatu impian belaka. Kenyataannya yang terjadi, disaat mempunyai uang berlebih juga tidak segera menyisihkan uang untuk di tabung.

Untuk mengatasi kebiasaan buruk ini, cobalah memaksa diri terlebih dahulu menyisihkan uang untuk ditabung disaat menerima penghasilan. Dengan mencoba memaksa diri sendiri lama-lama juga akan menjadi terbiasa untuk menabung. Hal ini sangat penting disaat nantinya jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan bila hal yang tidak dinginkan tersebut memaksa Anda harus mengeluarkan uang. Sisihkan paling tidak 10-20 persen dari penghasilan Anda untuk ditabung. Dengan menyisihkan uang untuk ditabung terlebih dahulu nantinya juga akan membuat Anda mempunyai inisiatif untuk berhemat dengan menyesuaikan dari sisa uang setelah ditabung. 

4. Gengsi

Gengsi merupakan penyakit karakter yang tidak disadari menempel pada sebagian besar orang. Dengan merasa harus lebih tinggi dari orang lain akan membuat diri sendiri semakin terperosok kebawah. Tidak sedikit juga gara-gara gengsi membuat orang menjadi terjebak dalam kesulitan keuangan. Sehingga tidak jarang juga yang melakukan kejahatan gara-gara gengsi yang terus menerus dipelihara. 

Cobalah untuk hidup sederhana dan memahami batas kemampuan yang dimiliki. Dengan mensyukuri apa yang ada, sudah dapat menyingkirkan gengsi yang muncul. Cobalah untuk melihat kebawah, masih banyak orang yang hidup kurang beruntung seperti Anda. Dengan beberapa hal tersebut akan mengikis sifat gengsi dalam hidup Anda

5. Tidak membiasakan untuk mencatat keuangan


Kebiasaan buruk yang lain yaitu tidak membiasakan untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran keuangan. Hal ini juga terkadang sering diremehkan oleh sebagian besar orang, karena mungkin terlalu membosankan dan merepotkan untuk dilakukan. Justru dengan mempunyai kebisaan mencatat keuangan akan membuat Anda semakin disiplin dalam mengatur keuangan. Anda akan lebih teliti dalam memeriksa setiap pengeluaran-pengeluaran yang terjadi. Sehingga akan membuat Anda menjadi lebih cenderung untuk berhemat. 

Bila Anda masih tidak mau repot dalam membuat catatan keuangan, dapat memanfaatkan aplikasi keuangan yang dapat di pakai secara gratis. Seperti yang di jelaskan di artikel aplikasi keuangan tersebut, Anda dapat memilih aplikasi keuangan yang diinginkan. Manfaatkan teknologi untuk memudahkan Anda mencatat keuangan. Dengan cara ini mungkin dapat membuat anda mau untuk mencoba memulai mencatat keuangan dari sekarang.

Demikianlah beberapa kebiasaan buruk tentang keuangan pribadi yang seringkali dilakukan. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut akan menambah Anda semakin lebih baik untuk mengatur keuangan dengan baik. Semoa artikel tersebut dapat menambah wawasan kita untuk menjadi lebih baik dalam keuangan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kebiasaan Buruk Tentang Keuangan Yang Sering Dilakukan"

Post a Comment